BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Seperti yang kita ketahui saat ini banyak para pelajar yang lebih mengutamakan penamp[ilan dari pada belajar. Tentu ini untuk menarik perhatian untuk para siswa yang selalu berada dengan mereka ketika disekolah. Bukan hanya disekolah saja bahkan dirumah atau dimana pun mereka aselalu
mengutamakan penampilan. Penampilan yang pertama yang mudah kita ketahui atau yang mudah kita lihat adalah aksesoris yang diluar yakni gelang salah satunya.
Dalam tahapan awala yang kami lakukan ini. terutam,a bisnis yang pertama kali ini, kami ingin supya usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi pengunanya di kemudian hari. Mengunakan barang yang awet, unik dan nyaman tentunya bila di pakai.
Semoga bisnis ini berjalan dangan baik, dan kami tidak akan takut menghadapi suatu resiko nantinya.
Dalam tahapan awala yang kami lakukan ini. terutam,a bisnis yang pertama kali ini, kami ingin supya usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi pengunanya di kemudian hari. Mengunakan barang yang awet, unik dan nyaman tentunya bila di pakai.
Semoga bisnis ini berjalan dangan baik, dan kami tidak akan takut menghadapi suatu resiko nantinya.
1.2. PROPIL USAHA
Bidang usaha : Aksesoris
Jenis produk : Gelang
Pembuatan produk : Fabianus Frans Vladimir Dhae
: Joniustopianus Ijam
: Melia Wasti Mau
Visi : Menghasilkan suatu produk dengan usaha sendiri, dengan baik.
Serta merasa nyaman bila dipakai.
Misi : - Mengunakan kemampuan sendiri untuk menghasilkan sesuatu
: - Memciptakan suatu bahan yang baru dengan bahan yang ada
: - Menarik konsumen agar bisa meminatkan untuk memakai
bahan yang unik dan nyaman.
BAB 2 ISI
1.3. Aspek Pemasaran
2.1.1. Segmen tempat
Berjualan akan ditempatkan di pasar yang banyak pengunjung yang suka gelang
2.1.2 Strategi Pemasaran
Menetapkan harga yang lebih murah.agardapat menjangkau harga. Tempat penjualan yang strategis. Melayani pembeli dengan baik.memenuhhi kepuasan pembeli.
2.1.3 Sistem Penjualan
Sistem penjualan yang digunakan adalah secara langsung maupun tidak
Langsung.
1.4. Aspek Produk
2.3.1 Jenis Produk dan usaha
Usaha ini dilakkan untuk menjual yang telah kami kerjakan yakni yang berupa
gelang.
2.3.1 Proses Produksi
Alat dan Bahan :
1. Kayu
2. Potongan kayu
3. Pensil
4. Pewarna
5. Pahat
6. Ampla
7. Cat
8. Jangka
9. Tali( sepatu)
2.3.2 Proses pembuatan
1. pengambran
- gambar gelang tangan
- menentukan besar lingkaran
2. Pemotongan dan Pahat
- Memotong dengan menggunakan pahat
- digosok dengan amplas kasar
3. Pembuatan Motif klasik
- mengambar dengan pensil
- memberi warna
1.5. Analisis SWOT
2.4.1. Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari usaha aksesoris gelang ini merupakan suatu usaha yang sangat berkembang. Barang-barangnya didesain dengan tangan sendiri dan tidak mengambil dari pihak luar, selain itu produk kami nantinya disesuaikan dengan pasar dan tren yang sedang berkembang.
2.4.2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari usaha ini yaitu karena usaha ini masih kurang kami pahami, dan masih pertama kali sehingga belum terlalu hebat
2.4.3. Opportunity (Peluang)
Peluang bisnis ini yaitu mempunyai potensi cukup besar, karena para remaja khususnya siswa-siswi menyukai produk aksesoris semacam ini, karena produk ini didesain sesuai dengan selera dan mengikuti trend yang ada.
2.4.4. Threat (Ancaman)
Ancaman dari bisnis ini yaitu banyaknya pesaing yang menampilkan desain, gambar yang sedang booming di pasaran sekarang ini.
BAB 3 PENUTUP
1.5. KESIMPULAN
Wirausaha adalah suatu usaha atau pun peluang untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Maka dari produk yang telah kami hasilkan. Kami berharap agar bisa dipakai dengan baik, karena itu adalah buatan karya tangan kami sendiri. Dan semoga menjadikan manfaat bagi anda yang berminat untuk membeli hasil yang telah kami ciptakan ini.
No comments:
Post a Comment