Breaking

LightBlog

Tuesday, April 18, 2017

PENGARUH HANDPONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA



PENGARUH HANDPONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

BAB 1 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Awalnya teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknoligi telah berkembang pesat dan semakin maju. Sering dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fugsi teknologi. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone.

Beberapa tahun yang lalu handpone hanya dimiliki oleh kalangan pembinis yang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Sering berjalannya waktu handpone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Termasuk pelajar perkembangan teknologi semakin meluas dikalangan pelajar. Kini handpone (HP) adalah sakunya seorang pelajar, hampir semua anak didik mengantongi handphone. Hal ini merupakan kebangaan bagi orang tua, karena mempuyai anak yang tidak mempunyai ketinggalan zaman. Orang tua menyadari betapa pentingnya handphone bagi anaknya dengan berbagai alasan, namun orang tua tidak menyadari bahwa disamping itu handphone juga mempunyai dampak negatif.
Tantangan dunia pendidikan adalah etika, moral seorang siswa, hal ini tercermin dari ditemukannya beberapa handpone siswa yang berisihkan video porno ,hal ini menujukan kurangnya kesadaran siswa akan moral. Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi. Namun terkadang juga handpone dapat menggangu atau memiliki beberapa hal yang negatif diantaranya tempat untuk menyimpan gambar-gambar porno, atau menggunakan handphone saat tengah diadakan proses belajar yang dapat menggangu siswa atau perhatian dan minat mereka dalam belajar bekurang dikarenakan mereka lebih sibuk untuk saling berkiriman pesan. Dan dapat menelpon, buka youtube dan asik sendiri dengan handphonenya.
B.    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat diambil dari latar belakang diatas yaitu:
1.    Bagaimana pengaruh penggunaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?
C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan penelitian yaitu :
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

D.    Manfaat penelitian
Manfaat penelitian yang akan dicapai adalah sebagai berikut:
1.    Agar penulis dapat mengembangkan pengetahuannya dalam penulisan karya tulis ilmiah.
2.    Agar pembaca dapat mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar siswa.

BAB 11 LANDASAN TEORI

A.    Pengertian Handphone
Telepon genggam atau yang disebut handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line, sehingga konvensional. handphone dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel,wireless). handphone adalah salah satu alat telekomunikasi yang di dalamnya terdapat fasilitas seperti; sms,mp3, video, kamera record sehingga handphone menjadi alat multimedia.

B.    Fungsi handphone
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon,ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, sms). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon gengam mereka. Sekarang, telepon gengam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi,perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet.

C.    Dampak  Positif Pengunaan  Handphone
Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi
1.    komunikasi menjadi lebih mudah.
Fungsi handphone yang paling banyak digunakan yaitu setiap pengguna handphone dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Kini handphone dilengkapi dengan fitur pesanan dan telepon yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah lain ataaupun di negara lain. Bahkan sekarang handphone telah menganut sistem berbasis 3G dimana seseorang dapat berkomunikasi via telepon sekaligus melihat wajah lawan bicaranya. 
2.    Pencarian informsi menjadi lebih mudah.
Handphone yang kini semkin canggih, dapat digunakan untuk internet.sehingga pengguna handhphone dapat mengakses informasi dengan menggunakan handphone lewat media internet.
3.    Prose pembelajaran menjadi lebih mudah.
Di zaman yang sudah modern,kini handphone dapat digunakan seperti halnya komputer. dalam handphone juga terdapat aplikasi untuk membuka internet.   Layanan online dalam pendidikan pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, tesmasuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus,pembahasan kasus,ujian,penilaian,diskusi.
4.    Sarana untuk mencari hiburan
Beberapa perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game,audio,dan video.
5.    Pelajar tidak ketinggalan teknologi
Siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif,efektif dan efisien dalam waktu,energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.

D.    Dampak Negatif Penggunaan Handphone
1.    Perkembangan anak
Menganggu perkembangan anak dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti:kamera,permainan (games) akan menganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah.tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan,sms/miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri.ada yang menggunkan handphone untuk mencontek dalam ulangan.bermain game saat guru menjelaskan pelajaran,dan sebagainya.jika hal tersebut dibiarkan,maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
2.    Menurunkan prestasi belajar siswa
Dalam kehidupan pelajar yang tidak jauh dari handphone, menjadikan pelajaran lebih senang memanfaatkan handphone daripada buku pelajaran.hal tersebut dapat menganggu pelajar serta menghambat presentasi belajar.


3.    Efek radiasi
Selain berbagai kontraversi di seputar dampak negative penggunaan handphone, penggunaan handphone juga berakibat buruk terhadap kesehatan.ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone,khususnya bagi pelajar anak-anak jika memang tidak terlalu diperlukan,sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan handphone secara permanen.
4.    Rawan terhadap tindak kejahatan
Pelajar merupakan salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik perhatian pelajar.
5.    Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela.Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet.jika tidak ada kontrol dari guru ataupun orang tua,handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno,ataupun tindakan kekerasan yang sama sekali tidak layak untuk dilihat oleh pelajar.

6.    Pemborosan
Dengan mempunyai handphone,maka pengeluaran kita akan bertambah.apalagi kalau handphone hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat,maka hanya akan menjadi pemborosan aja.
7.    Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun.handphone dan internet tidak input dari serangan penipu.cara yang terbaik adalah tidak memperdulikan hal ini atau mengonfirmasi, informasi yang didapatkan pada penyedia informasi.
8.    Membuat kerja otak anak menjadi lambat
Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari australia,inggris,dan belanda dan dipublikasikan di international journal of Neuroscience.dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia.salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang lemot (lemah otak).penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup dalam jangka waktu yang cukup panjang,yakni 2,4 tahun.

BAB 111 METODE PENELITIAN

A.    Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif, yaitu penelitian yang cenderung menggambarkan suatu fenomena apa adanya secara teratur, mengutamakan obyektifitas,dan dilakukan secara cermat.salah satu bentuk penelitian deskriptif adalah metode survei, bentuk penelitian pengumpulan data yang relative terbatas dari kasus-kasus yang relative besar jumlahnya. Menjalankan metode survei berupa penyebaran angket, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang variabel.Angket berisi pertanyaan-pertanyaan tentang rumusan masalah yang diangkat dalam
penelitian. pendekatan yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah peran siswa. Ini merupakan permasalahan berdasarkan pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa bagi siswa SMAK frater don bosco tarakan khususnya kelas XI IPS A.
               
B.    Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : wawancara dan angket
C.    Populasi dan Sampel
1.    Populasi
Dalam penelitian ini populasinya dalam siswa-siswi 
2.    Sampel
Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 24 siswa perwakilan kelas dengan objek penelitiannya adalah latar belakang pengaruh penggunaan handphone terhadapat prestasi belajar siswa.




BAB 1V HASIL PENELITIAN

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut :
1.    Menurut anda, apakah handphone merupakan pengaruh besar terhadap prestasi siswa.?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban    Jumlah (frekuensi)    persentase
Ya     13    62%
Tidak     11    38%
Tidak Menjawab    _    _
Jumlah     24    100%


2.    Apakah pada saat belajar di rumah handphone anda di nonaktifkan ?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut :
Jawaban    Jumlah(Frekuensi)    persentase
Ya     3    8%
Tidak     21    92%
Tidak menjawab    _    _
Jumlah    24    100%

3.    Apakah anda sering menggunakan handphone pada saat pelajaran di sekolah ?
Dari hasil penelitian di peroleh jawaban sebagai berikut :
Jawaban    Jumlah(frekuensi)    persentase
Ya     6    14%
Tidak     18    86%
Tidak Menjawab     _    _
Jumlah    24    100%

4.    Setujukah anda dengan adanya larangan membawa hanphone ke sekolah ?
Dari hasil penelitian di peroleh jawaban sebagai berikut :
Jawaban    Jumlah(frekuensi)    persentase
Ya     11    38%
Tidak     13    62%
Tidak Wenjawab     _    _
Jumlah     24    100%

BAB V PEMBAHASAN

       1.    Handphone memengaruhi prestasi belajar siswa
Dari data hasil penelitian No. 1, hasilnya diperoleh 62% yang menjawab setuju dan 38% yang menjawab tidak setuju.
2.    Penonaktifan handphone saat bealjar di rumah
Dari data hasil penelitian pada soal No. 2, hasilnya diperoleh 8% yang menjawab setuju dan 92% menjawab tidak setuju.
3.    Penggunaan handphone saat jam pelajaran dari data soal No 3, hasilnya diperoleh 14% yang menjawab setuju dan 86% yang tidak menjawab setuju.
4.    Larangan memebawa handphone kesekolah
Dari data hasil penelitian pada No. 4,hasilnya diperoleh 38% yang menjawab setuju dan 62% tidak menjawab setuju.
BAB V1 PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian bahwa handphone cukup menunjang pada hasil belajar siswa namun sebagiannya tidak karena mereka lebih mementingkan handphone dari pada belajarnya
B.     SARAN
Berdasarkan hasil penelitian maka kami menyarankan :
a.    Perlunya peningkatan peraturan sekolah mengenai penggunaan handphone di area sekolah khususnya di dalam kelas karena sangat berpengaruh terhadap karakter siswa serta prestasi belajar siswa.
b.    Untuk para siswa harus adanya kesadaran dari dirinya sendiri untuk mengurangi penggunaan handphone demi prestasi yang akan dicapai dan juga untuk masa depan.

No comments:

Post a Comment

Adbox